Brand atau merek merupakan sebuah nama, tanda, simbol yang bertujuan untuk mendefinisikan suatu barang atau jasa yang nantinya dapat membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini dalam membuat brand maka seorang PR akan membuat strategi branding sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membuat suatu brand. Beberapa hal yang termasuk ke dalam strategic branding adalah (1) Brand Positioning yang merupakan suatu cara untuk menunjukkan dan mendemostrasikan keunggulan dari suatu merek, (2) Brand Identity bertujuan untuk menyampaikan merek, latar belakang merek, tujuan dan ambisi dari merek, (3) Brand Personality, suatu cara yang menumbuhkan daya tarik merek di luar mata konsumen.
Kemudian (4) Brand Communication yang didalamnya melakuka kegiatan bekerja sama dengan perusahaan lain serta membuat iklan, (5) Brand Equality yang merupakan kekuatan suatu merek yang dapat menambah atau pun mengurangi nilai dari merek itu sendiri. Seorang PR tentunya memberikan kontribusi pada pembentukan image dari sebuah brand. Maka dari itu PR memiliki beberapa strategi dalam membangun sebuah brand, yaitu membangun kredibilitas, menumbuhkan kepercayaan, membangun keeratan hubungan, membangun pemahaman, menumbuhkan kesukaan terhadap brand, serta mengubah sikap dan persepsi.
Praktisi PR yang profesional akan melihat keterlibatannya dalam strategi marketing perusahaan sebagai peluang untuk menimbulkan nilai tambahan dari keberadaan PR itu sendiri di dalam perusahaan. Cyber branding merupakan salah satu bentuk inovasi dari E-PR yang dikenal sebagai Cyber PR dalam membangun brand awareness, dimana kegiatan ini dilakukan secara online melalui internet. Melakukan cyber branding merupakan langkah yang strategis untuk menjangkau publik yang lebih luas tanpa batas. Cyber branding juga meliputi tiga I, yaitu informasi, interaktivitas dan insting.
Komentar
Posting Komentar