Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang ini, membuat media turut berkembang. Dari media konvensional beralih menjadi media digital atau yang biasa disebut dengan media baru (new media). Hal ini tentu saja mempengaruhi segala aspek seperti ekonomi, sosial dan budaya. Media baru membawa sebuah perubahan besar dengan memiliki kebaruan dalam berbagai aspek.
Berbagai perubahan yang terjadi pada media baru bisa dilihat dalam produksi, distribusi, dan penggunaan media. Beberapa istilah utama atau karakteristik yang berkaitan dengan media baru ini adalah interaktivitas, digital, virtual, hipertekstual, simulasi dan jaringan. Dengan mode digital dan virtual serta tersembung dengan internet, maka segala informasi yang diakses pun akan lebih mudah dan cepat.
Mediated Communication memiliki pengertian sebagai keseluruhan bentuk dari teknologi komunikasi yang dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini juga terdapat pembahasan mengenai media siber. Media siber bisa berbentuk portal website, email, mail list, blog, dan media sosial.
Kaitan media baru dengan profesi seorang PR (Public Relation) adalah di zaman yang serba digital sekarang ini, para PR harus cermat melihat peluang dalam mempromosikan atau pun memperkenalkan serta mem-branding perusahaan mereka melalui berbagai platform yang tersedia di media baru. PR akan menggunakan website sebagai fasilitas utama agar publik lebih mengetahui mengenai perusahaan atau produk yang ditawarkan.
Selain itu PR juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram misalnya, untuk mengetahui feedback dari publik atau pelanggannya serta memanfaatkan ruang interaktivitas didalamnya. Dengan berbagai kemudahan dalam teknologi, tentunya dapat meringankan pekerjaan PR dalam membranding, mengenalkan serta mempromosikan berbagai informasi dari perusahaannya.
Komentar
Posting Komentar