Langsung ke konten utama

Media Baru Berbasis Mediated Communication

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang ini, membuat media turut berkembang. Dari media konvensional beralih menjadi media digital atau yang biasa disebut dengan media baru (new media). Hal ini tentu saja mempengaruhi segala aspek seperti ekonomi, sosial dan budaya. Media baru membawa sebuah perubahan besar dengan memiliki kebaruan dalam berbagai aspek.

Berbagai perubahan yang terjadi pada media baru bisa dilihat dalam produksi, distribusi, dan penggunaan media. Beberapa istilah utama atau karakteristik yang berkaitan dengan media baru ini adalah interaktivitas, digital, virtual, hipertekstual, simulasi dan jaringan. Dengan mode digital dan virtual serta tersembung dengan internet, maka segala informasi yang diakses pun akan lebih mudah dan cepat.

Mediated Communication memiliki pengertian sebagai keseluruhan bentuk dari teknologi komunikasi yang dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini juga terdapat pembahasan mengenai media siber. Media siber bisa berbentuk portal website, email, mail list, blog, dan media sosial.

Kaitan media baru dengan profesi seorang PR (Public Relation) adalah di zaman yang serba digital sekarang ini, para PR harus cermat melihat peluang dalam mempromosikan atau pun memperkenalkan serta mem-branding perusahaan mereka melalui berbagai platform yang tersedia di media baru. PR akan menggunakan website sebagai fasilitas utama agar publik lebih mengetahui mengenai perusahaan atau produk yang ditawarkan.

Selain itu PR juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram misalnya, untuk mengetahui feedback dari publik atau pelanggannya serta memanfaatkan ruang interaktivitas didalamnya. Dengan berbagai kemudahan dalam teknologi, tentunya dapat meringankan pekerjaan PR dalam membranding, mengenalkan serta mempromosikan berbagai informasi dari perusahaannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Sosial dalam Praktek PR (Public Relation)

Sebagian besar kegiatan PR baik di lembaga pemerintahan maupun swasta telah menggunakan media sosial sebagai sarana penyampaian informasi seputar kegiatan yang dilakukan maupun produk yang ditawarkan, serperti melalui Facebook, Twitter maupun Instagram. Hal ini dilakukan untuk menciptakan citra pemerintah yang terbuka dan membuka partisipasi dari publik terkait informasi dan program kegiatan yang dilakukan. Dengan adanya keterlibatan masyarakat, maka akan memperkuat posisi PR dalam menyebarkan informasi. Media center menjadi salah satu akses informasi publik sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam setiap proses kebijakan publik. Media center memiliki fungsi untuk sosialisasi, sarana hiburan, dan salah satu bentuk konvergensi dari media massa yang berbasis digital. Beberapa tujuan kegiatan PR pada media sosial adalah publikasi dan media relations yang didalamnya terdapat press release, web blogs, webiste, email. Fasilitas ini merupakan perluasan penggunaan fasilitas onli

Serba Digital, Printed Media Tetap Eksis

  source : google Di zaman sekarang informasi sangatlah mudah untuk didapatkan. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat semua hal serba digital. Dari mulai pelayanan barang dan jasa serta dunia percetakan. Semenjak berkembangnya teknologi berbasis digital di Indonesia, dunia percetakan khususnya media cetak sudah mulai ditinggalkan. Karena setiap orang sudah bisa mengakses beragai informasi mulai dari berita sampai hiburan hanya dengan menggunakan internet. Namun disamping banyaknya kelebihan yang dimiliki media digital, media cetak pun tak ingin kalah di era globalisasi ini. Media cetak berusaha untuk tetap eksis dan masih bertahan di era digital ini. Alasan kenapa media cetak masih bertahan di era digital ini karena kepercayaan dari masyarakat dan iklan. Masih banyak perusahaan iklan yang menaruh jasanya di media cetak yang dimana berupa jasa layanan hotel atau berupa barang serta untuk mencari barang atau orang yang hilang. Alasan lainn

Feature Profil

Nia Siska Wahyuni atau yang akrab di sapa Nia ini lahir pada 16 Juli 1997 di Bukittinggi. Anak kedua dari tiga bersaudara ini memilih jurusan ilmu komunikasi karna ia tertarik untuk bekerja di bidang pertelevisian. Cita-citanya adalah ingin menjadi seorang CEO suatu perusahaan.  Walaupun Nia pernah memutuskan untuk mengganggur setahun karna saat lulus sekolah dulu belum tau tujuan untuk kuliah tapi semangatnya untuk menempuh ujian mandiri tidak luntur yang akhirnya menjadikan tahun ini sebagai tahun pertama kuliah.  Penggemar musik bergenre rock ini juga berencana akan mengambil konsentrasi manajemen komunikasi dimana dia lebih ingin memahami serta mendalami tentang komunikasi. Anak yang terlahir dari keluarga yang sederhana ini juga memiliki motto yaitu dimana dalam satu hari itu ia harus mendapatkan sebuah hal yang bermakna. Kehidupan perkuliahan Nia saat ini belum terlalu banyak kegiatan diluar masa perkuliahan selain acara fakultas dan jurusan. Sampai sekarang Nia sedang m