Sebagian besar kegiatan PR baik di lembaga pemerintahan maupun swasta telah menggunakan media sosial sebagai sarana penyampaian informasi seputar kegiatan yang dilakukan maupun produk yang ditawarkan, serperti melalui Facebook, Twitter maupun Instagram. Hal ini dilakukan untuk menciptakan citra pemerintah yang terbuka dan membuka partisipasi dari publik terkait informasi dan program kegiatan yang dilakukan.
Dengan adanya keterlibatan masyarakat, maka akan memperkuat posisi PR dalam menyebarkan informasi. Media center menjadi salah satu akses informasi publik sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam setiap proses kebijakan publik. Media center memiliki fungsi untuk sosialisasi, sarana hiburan, dan salah satu bentuk konvergensi dari media massa yang berbasis digital.
Beberapa tujuan kegiatan PR pada media sosial adalah publikasi dan media relations yang didalamnya terdapat press release, web blogs, webiste, email. Fasilitas ini merupakan perluasan penggunaan fasilitas online yang dianggap lebih mampu secara katif mendekati dan menarik perhatian sasarannya. Dalam pengelolaan informasi melalui media sosial, seorang PR harus paham mengenai istilah berikut, seperti (1) digital sistem media sosial yang berkaitan dengan design sistem informasi, hal ini tentunya berkaitan erat dengan branding perusahaan. (2) kalender media sosial dimana dalam jangka waktu setahun PR harus tau hari-hari besar untuk membuat ucapan selamat dan memperingati hari tersebut. Hal ini tentunya akan bersinggungan dengan nama baik perusahaan.
(3) pengaturan waktu mengenai kapan saja waktu yang pas untuk memposting, biasanya pada prime time agar konten yang ditampilkan menyangkut pada stakeholder. Kemudian (4) penggunaan # yang berfungsi agar postingan kita lebih mudah digapai oleh sasaran, serta (5) interaksi digital yang dimana PR bisa berhubungan langsung dengan publik melalui media sosial.
Selain itu PR juga menggunakan media sosial untuk membranding perusahaannya dengan melalui beberapa tahap, seperti emmilih media yang tepat dan cocok dengan perusahaan, konsisten dengan pesan yang disampaikan, posting sebanyak mungking, menentukan identitas perusahaan serta mendesign profil dengan baik dan menarik.
Komentar
Posting Komentar